Mata kuliah manajemen strategik difokuskan kepada konsep strategi dan proses formulasi, formasi, implementasi dan evaluasi strategi. Cakupan pembahasan mata kuliah ini meliputi; penetapan arah atau visi strategik (misi, visi, nilai-nilai dan tujuan), analisis lingkungan eksternal, identifikasi sumberdaya dan kapabilitas internal, pengembangan dan pemilihan strategik baik tingkat korporat, bisnis maupun fungsional, implementasi dan eksekusi strategi; serta evaluasi dan pengendalian strategik. Mahasiswa dikembangkan untuk mempunyai kemampuan berpikir strategik, membuat keputusan strategik dan memandang berbagai isu bisnis dari perspektif perusahaan secara menyeluruh.
Setelah
menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1. Mengidentifikasi
dan menerapkan berbagai konsep dan teknik dalam teori dan praktik manajemen
strategik pada berbagai situasi bisnis
nyata.
2. Mengembangkan
kapabilitas berpikir strategik tentang perusahaan, arah atau visi strategik,
sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainable), dan posisi strategiknya;
3. Menganalisis
berbagai faktor lingkungan eksternal dan internal yang relevan dalam formulasi
dan formasi strategi, terutama dampak globalisasi pada industri persaingan dan
perusahaan;
4. Mengidentifkasi
berbagai strategi alternative dan memilih strategi yang tepat atas dasar hasil
analisis dan evaluasi visi strategik, keunggulan kompetitif, posisi persaingan
dan faktor-faktor sukses kunci dalam industri;
5. Mengintegrasikan
berbagai pengetahuan yang telah diperoleh dalam berbagai mata kuliah lain dan
melakukan strategic alignment
berbagai perangkat organisasional dan manajerial dalam pengimplementasian
strategi yang dipilih;
6. Mengelola
proses manajemen strategik berdasarkan prinsip etika bisnis,nilai-nilai yang
dianut perusahaan dan tanggung jawab sosial serta good corporate governance, dan
7. Mengembangkan
dan menggunakan managerial judgements
dan mengenal berbagai masalah strategik yang dihadapi manajemen puncak.
RENCANA MATERI PEMBELAJARAN MANAJEMEN STRATEGIK
TM I: Chapter 1 dan 2
TM II: Chapter 3 (EFAS)
TM III: Chapter 4 (IFAS)
TM IV UCP 1: Teori dan Case analisis SWOT suatu perusahaan .Modelnya bisa diskusi kelompok, Chapter 5 dan 6
TM V: Chapter 7 dan 8
TM VI: Chapter 9. Berikan case untuk diskusi pada TM VII
TM VII Diskusi dan problem solution
TM VIII UCP 2 (UTS): Bentuknya teori dan Case suatu perusahaan menentukan Competitive position
- Teacher: Ayi Ahadiat
- Teacher: alfatih Alfa