Mata kuliah manajemen strategik difokuskan kepada konsep strategi dan proses formulasi, formasi, implementasi dan evaluasi strategi. Cakupan pembahasan mata kuliah ini meliputi; penetapan arah atau visi strategik (misi, visi, nilai-nilai dan tujuan), analisis lingkungan eksternal, identifikasi sumberdaya dan kapabilitas internal, pengembangan dan pemilihan strategik baik tingkat korporat, bisnis maupun fungsional, implementasi dan eksekusi strategi; serta evaluasi dan pengendalian strategik. Mahasiswa dikembangkan untuk mempunyai kemampuan berpikir strategik, membuat keputusan strategik dan memandang  berbagai isu bisnis dari perspektif perusahaan secara menyeluruh.


Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1.     Mengidentifikasi dan menerapkan berbagai konsep dan teknik dalam teori dan praktik manajemen strategik pada berbagai situasi  bisnis nyata.
2.     Mengembangkan kapabilitas berpikir strategik tentang perusahaan, arah atau visi strategik, sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainable), dan posisi strategiknya;
3.     Menganalisis berbagai faktor lingkungan eksternal dan internal yang relevan dalam formulasi dan formasi strategi, terutama dampak globalisasi pada industri persaingan dan perusahaan;
4.     Mengidentifkasi berbagai strategi alternative dan memilih strategi yang tepat atas dasar hasil analisis dan evaluasi visi strategik, keunggulan kompetitif, posisi persaingan dan faktor-faktor sukses kunci dalam industri;
5.     Mengintegrasikan berbagai pengetahuan yang telah diperoleh dalam berbagai mata kuliah lain dan melakukan strategic alignment berbagai perangkat organisasional dan manajerial dalam pengimplementasian strategi yang dipilih;
6.     Mengelola proses manajemen strategik berdasarkan prinsip etika bisnis,nilai-nilai yang dianut perusahaan dan tanggung jawab sosial serta good corporate governance, dan
7.     Mengembangkan dan menggunakan managerial judgements dan mengenal berbagai masalah strategik yang dihadapi manajemen puncak.


RENCANA  MATERI PEMBELAJARAN MANAJEMEN STRATEGIK
TM I: Chapter 1 dan 2
TM II: Chapter 3 (EFAS)
TM III: Chapter 4 (IFAS)
TM IV  UCP 1: Teori dan  Case  analisis SWOT suatu perusahaan .Modelnya bisa diskusi kelompok, Chapter 5 dan 6
TM V: Chapter 7 dan 8
TM VI: Chapter 9. Berikan case untuk diskusi pada TM VII
TM VII Diskusi dan problem solution 
TM VIII  UCP 2 (UTS): Bentuknya teori dan Case  suatu perusahaan menentukan Competitive position